Adsense Link 728 X 15;

Contoh makalah Pertanian

Posted by kumpulan referensi skripsi Rabu, 14 Maret 2012 0 komentar

PENDAHULUAN




Ketahanan ekonomi nasional sangat berkaitan dengan kehandalan ekonomi rakyatsehingga paradigma ekonomi yang dianut dewasa ini adalah pembangunan yang bertumpupa-da kekuatan rakyat. Artinya, pembangunan semakin memberdayakan ekonomi rakyatkecil dan menengah untuk meningkatkan efisiensi ekonomi nasional. Berdasarkanpemikiran tersebut maka pengembangan pertanian lahan kering semakin ditingkatkandengan semakin meningkat-nya kebutuhan hasil pertanian yang dipicu oleh pesatnya lajupertumbuhan penduduk.Kendala utama pengembangan potensi pertanian lahan kering adalah keterbatasanair lahan. Usahatani irigasi air tanah merupakan inovasi untuk mengatasi hal tersebut danpengem-bangan terluas di Pulau Lombok adalah di Kabupaten Lombok Timur yangpotensi lahan keringnya 71,86% dari total lahan pertanian yang ada. Kegiatan pemboransumur dimulai sejak TA 1974/1975 dan terus berkembang hingga tahun 1997; selanjutnyasumur pompa beroperasi sejak tahun 1987 (Bagian Proyek Pengembangan Air TanahPulau Lombok, 1997).Modal awal pengembangan jaringan irigasi air tanah serta biaya operasional tahunpertama dan kedua adalah subsidi pemerintah untuk memudahkan petani mengadopsinya.Adopsi inovasi ini menuntut partisipasi anggota masyarakat. Di sisi lain, keberadaaninovasi membuka peluang untuk meningkatkan produktivitas lahan kering. Namun,bagaimanakah keragaan adopsi inovasi di tingkat petani serta keragaan diversifikasi usahaberbasis usahatani lahan kering sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan sertabagaimanakah dampaknya tersebut terhadap konsumsi pangan dan non pangan keluarga
Indonesia adalah wilayah tropis, beriklim basah, serta berada di wilayah khatulistiwa yang terbentang antara 23o 17’ Lintang Utara dan 23o 17’ Lintang Selatan. Daerah ini memungkinkan tumbuhnya berbagai macam tumbuhan dengan subur. Berbagai macam buah-buahan, seperti durian, rambutan, lengkeng tumbuh liar di hutan Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Namun, masih terlalu sedikit yang dibudidayakan, padahal buah-buahan tersebut merupakan harta alam yang sangat berharga.
Keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia sangat besar. Oleh sebab itu dengan potensi alam dan potensi plasma nutfah tersebut sangat memungkinkan bagi pengembangan buah-buahan tropis menjadi komoditi unggulan. Komoditi buah-buahan tropis Indonesia merupakan produk yang eksotik, khususnya tanaman buah-buahan tahunan (perennial). Keanekaragaman jenis buah-buahan merupakan sumber genetik yang sulit ditemukan di daerah lain. Plasma nutfah ini dapat menjadi bahan utama dalam perakitan jenis baru atau varietas unggul buah-buahan di masa datang.
 

KERANGKA PPIKIR
Pada level industri, ekstrak vanili alami umumnya diproses menggunakan
buah vanili kering yang telah melalui proses kuring karena buah vanili segar tidak
memiliki aroma. Proses kuring dapat dilakukan dengan beberapa cara, tapi pada
prinsipnya metode kuring yang dilakukan di Indonesia tidak jauh berbeda dengan
metode kuring klasik yang dilakukan di negara-negara lainnya seperti Madagaskar
dan Meksiko. Tahap pertama adalah killing dengan mencelupkan vanili segar ke
dalam air panas 650C selama 2-3 menit. Setelah itu dilakukan pemeraman
(sweating atau fermenting) selama 48 jam agar terjadi reaksi enzimatik dalam
buah untuk pembentukan aroma, dimana pada tahap ini b-glukosidase mengubah
glukovanilin menjadi vanilin dan glukosa. Tempat fermentasi terbuat dari peti
kayu yang dilapisi serbuk gergaji atau styrofoam untuk mempertahankan suhu 38-
400C. Tahap selanjutnya adalah pengeringan (drying) dengan sinar matahari
selama 10-20 hari dari jam 8.00-10.00, lalu dibungkus kain hitam dan dijemur
kembali jam 14.00-15.00 dan dibungkus lagi pada malam harinya. Setelah itu
dilakukan pengeringan lambat dengan suhu 28-290C dan kelembaban 80% selama
30-35 hari. Tahap terakhir adalah pemantapan aroma (conditioning) dengan
menyimpan vanili di dalam kotak kering selama 2-3 bulan (Deptan 2004).
Buah vanili segar tidak memiliki aroma karena vanilin yang merupakan
komponen flavor utama masih terikat sebagai glukosida dan harus dibebaskan
5
melalui reaksi enzimatik. Goris (1947), diacu dalam Purseglove et al. (1981),
menemukan bahwa vanili segar mengandung paling sedikit 4 glukosida yang
menghasilkan vanilin dan komponen flavor lainnya. Glukosida dengan jumlah
tertinggi adalah glukovanilin. Selanjutnya glukovanililalkohol ditemukan dalam
jumlah yang lebih sedikit, diikuti oleh glukosida dari asam protokatekuat (asam
3,4-dihidroksi benzoat).
Adanya enzim hidrolitik yang dapat memecah glukovanilin menjadi vanilin
pertama kali dicatat oleh Lecompt tahun 1913 yang didukung oleh Arana tahun
1943 yang menyatakan itu sebagai b-glukosidase. Beberapa hasil penelitian
menunjukkan bahwa prekursor flavor terutama terakumulasi dalam jaringan
plasenta di sekeliling biji, dimana biji dan dinding buah bagian luar tidak
mengandung glukovanilin (Havkin-Frenkel et al. 2004; Kuras et al. 1999, diacu
dalam Odoux et al. 2003; Odoux et al. 2003). Aktifitas enzim b-glukosidase
sendiri beberapa kali lebih tinggi dalam dinding buah bagian luar dari pada dalam
jaringan plasenta dan glandular sel rambut (Havkin-Frenkel et al. 2004). Bahkan
Arana (1943) diacu dalam Odoux et al. (2003), menyatakan bahwa b-glukosidase
terdapat dalam dinding buah bagian luar, sedangkan jaringan plasenta sama sekali
tidak mengandung aktifitas b-glukosidase. Artinya bahwa enzim dan substrat
terdapat dalam lokasi yang berbeda dalam buah, sehingga proses kuring berfungsi
memicu terjadinya difusi glukovanilin dari bagian pusat ke permukaan buah. Di
sisi lain, menurut Odoux et al. (2003), b-glukosidase terutama berlokasi dalam
lamina plasenta dan dengan jumlah yang lebih sedikit terdapat dalam papila.
Enzim dan substrat terdapat dalam jaringan yang sama, meskipun mungkin
terdapat dalam 2 bagian berbeda di dalam sel (sitoplasma dan atau periplasma
untuk b-glukosidase dan vakuola untuk glukovanilin). Hal inilah yang
menyebabkan mengapa kuring perlu dilakukan. Hidrolisis glukovanilin yang
terjadi pada tahap pematangan lambat ketika buah menjadi hitam dan pada tahap
awal kuring, dapat disebabkan adanya perubahan tonoplas sehingga membran
sitoplasma dan dinding sel bersatu. Pada Gambar 1 ditunjukkan reaksi hidrolisis
yang terjadi pada glukovanilin oleh b-glukosidase
(http://www.uyseg.org/greener_industry/ pages/vanilin/1Vanilin_AP.htm 2005).

Contoh Makalah Agama

Posted by kumpulan referensi skripsi 0 komentar
 Makalah Agama




Kata Pengantar
Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Agama Islam.
Agama  sebagai  sistem  kepercayaan  dalam  kehidupan  umat  manusia  dapat  dikaji  melalui  berbagai  sudut  pandang.  Islam  sebagai  agama  yang  telah  berkembang  selama  empat  belas  abad  lebih  menyimpan  banyak  masalah  yang  perlu  diteliti,  baik  itu  menyangkut  ajaran  dan  pemikiran  keagamaan  maupun  realitas  sosial,  politik,  ekonomi  dan  budaya.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang kaitan Etos Kerja Bangsa Jepang dan Islam, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Mercu Buana. Saya sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jau dari sempurna. Untuk itu,  kepada  dosen  pembimbing  saya  meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  saya  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
BAB 1
PENDAHULUAN
Agama islam bersumber dari Al-Qur’an yang memuat wahyu Allah, dan Al Hadist yang memuat sunnah rasulullah. Unsur utama ajaran agama islam adalah akidah, syariah, dan akhlak yang di kembangkan dengan ra’yu atau akal pikiran manusia yang memenuhi syarat untuk mengembangkannya. Yang di kembangkan disini adalah ajaran agama yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Al’Hadist.
Sebelum membahas pengertian sumber ajaran dan hukum islam,terlebih dahulu harus diketahui pengertian hukum islam.hukum artinya menetapkan sesuatu atas sesuatu atau meniadakanya.hukum islam disebut juga syariat atau hukum allah SWT,ysitu hukum atau undang-undang yang ditentukan oleh allah SWT sebagaimana yang terkandung dalam kitab suci al-quran dan hadist.syariat islam juga merupakan hukum dan aturan islam yang mengatur seluruh sendi kehidupan umat manusia baik muslim maupun bukan
Ulama ushul fikih membagi hukum islam menjadi dua bagian yaitu hukum taklifiy dan hukum wadh’iy.
Allah telah menetapkan sumber ajaran islam yang wajib diikuti oleh setiap muslim. Ketetapan Allah itu terdapat dalam surah An-NIsa’ ayat 59:
“Hai orang-orang yang beriman, taatilah (kehendak) Allah, taatilah (kehendak) rasul(-Nya), dan (kehendak) ulil amri di antara kamu…”
Kehendak Allah kini terekam dalam Al-Qur’an, kehendak Rasul sekarang terhimpun dalam Al-Hadist, kehendak penguasa atau ulil amri termaktub dalam kitab-kitab hasil karya orang yang memenuhi syarat karena mempunyai ‘kekuasaan’ berupa ilmu pengetahuan untuk mengalirkan ajaran islam dari dua sumber utamanya yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist dengan ra’yu atau akal pikirannya.
Dalam sabdanya Nabi Muhammad SAW menyatakan, “Aku tinggalkan bagi kalian dua hal yang karenanya kalian tidak akan tersesat selamanya, selama kalian berpegang pada keduanya, yaitu Kitab Allah (Alquran) dan sunahku (Hadis).” (H.R. Al Baihaki).
Sumber ajaran Islam dirumuskan dengan jelas dalam percakapan Nabi Muhammad dengan sahabat beliau Mu’az bin Jabal, yakni terdiri dari tiga sumber yaitu al-Qur’an (kitabullah), as-Sunnah (kini dihimpun dalam hadis), dan ra’yu atau akal pikiran manusia yang memenuhi syarat untuk berijtihad.

PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Contoh Makalah Ekonomi

Posted by kumpulan referensi skripsi Selasa, 13 Maret 2012 0 komentar

Ilmu Ekonomi


Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses proses hingga hasil kegiatan ekonomi manusia memenuhi kebutuhannya untuk mencapai kesejahteraan dalam hidupnya Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.Ilmu ekonomi dapat dikatakan memegang peranan penting dalam kehidupan sosial, terkait dengan kemakmuran. Ilmu ini mengkaji upaya memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuranitu sendiri diartikan sebagai kondisi dimana semua kebutuhan materi dapat terpenuhi dengan baik. Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.



Dalam ilmu ekonomi, secara luas konsumen di definisikan sebagai pengguna barang ataupun jasa. Sedangkan pasar juga dapat diartikan sebagai tempat bertemunya antara pembeli dan penjual yang menawarkan barang ataupun jasa sehingga terjadi proses jual beli.

Tidak lepas dan karakter individu konsumen, namun perilaku tersebut juga muncul karena gaya komunikasi produk, image building, trend an beragam hal lainnya. Namun ada benang merah yang bisa ditarik dan beragam konsumen yang ada dan dikelompokkan menjadi satu konsumen dengan ciri tertentu. Penggolongan konsumen berdasar ciri-ciri tertentunya sering disebut dengan perilaku konsumen.
konsumen memiliki karakter dan perilaku yang berbeda tergantung dan beragam aspek. Pasar di dunia modern semakin luas pengelompokannya, namun masih tetap bisa dikenali dengan pengelompokan pasar berdasar ciri-ciri tertentu.

Seringkali pengelompokan pasar ini disebut sebagai segmentasi pasar yang sangat berguna bagi para manager pemasaran untuk menjual produk ataupun jasanya pada pasar yang sesuai. Untuk itu penting sekali bagi para akademisi terlebih-lebih bagi para praktisi untuk mengenal segmentasi pasar dan perilaku konsumen pada pasar tersebut agar barang ataupun jasa yang akan ditawarkan bisa diterima dengan baik. Maka makalah ini akan membahas secara umum mengenai hubungan antara perilaku konsumen dengan segmentasi pasar.



Contoh Makalah Pendidikan

Posted by kumpulan referensi skripsi 0 komentar
bagi kawan - kawan yang telah berlama -lama mencari makalah mengenai pendidikan, disinilah tempat yang paling tepat buat rekan - rekan semua.. kali ini saya akan memberikan beberapa materi - materi mengenai pendidikan, dimana pendidikan tersebut sangatlah berguna bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

1. Pengertian Kualitas Pendidikan
      Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mutu adalah berkaitan dengan baik buruk suatu benda; kadar; atau derajat misalnya kepandaian, kecerdasan dan sebagainya. Secara umum kualitas atau mutu adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh dari barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yang diharapkan atau tersirat.Mutu pendidikan dapat dilihat dalam dua hal, yakni mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Proses pendidikan yang bermutu apabila seluruh komponen pendidikan terlibat dalam proses pendidikan itu sendiri. Faktor-faktor dalam proses pendidikan adalah berbagai input, seperti bahan ajar, metodologi, saran sekolah, dukungan administrasi dan sarana prasarana dan sumber daya lainnya serta penciptaan suasana kondusif. Sedangkan, mutu pendidikan dalam konteks hasil pendidikan mengacu pada prestasi yang dicapai oleh sekolah pada setiap kurun waktu tertentu.
Dewasa ini kata ‘pendidikan’ digunakan dalam lingkup pengertian yang luas, meliputi proses kegiatan yang berlangsung secara informal, formal dan non formal. Kenyataan sekarang di masyarakat menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan dapat terjadi di berbagai lingkungan seperti keluarga, sekolah, tempat ibadah, tempat kerja, tempat olahraga dan rekreasi, dalam kendaraan umum dsb. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Alex Inkeles secara lintas budaya di negara-negara berkembang; Argentina, Chili, India, Israel, Nigeria dan Pakistan Timur, yang mengungkapkan betapa lingkungan kerja (dalam hal ini pabrik) memiliki peranan yang besar dalam menumbuhkan watak kemoderenan pada individu. Sehingga Inkeles menyatakan; “Pabrik merupakan sebuah sekolah untuk watak kemoderenan” (1973).

2. Pengtingnya Pendidikan
       Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya suatu pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Dan tentulah dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan, maka dari itu saya bisa membantah kata-kata “Pendidikan bukanlah segalanya” seperti apa yang Kepala Sekolah saya sendiri katakan.
Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karna seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Apabila output dari proses pendidikan ini gagal maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan. Bagi suatu bangsa yang ingin maju, pendidik harus dipandang sebagai sebuah kebutuhan sama halnya dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Maka tentunya peningkatan mutu pendidikan juga berpengaruh terhadap perkembangan suatu bangsa. Kita ambil contoh Amerika, mereka takkan bisa jadi seperti sekarang ini apabila –maaf– pendidikan mereka setarap dengan kita. Lalu bagaimana dengan Jepang? si ahli Teknologi itu? Jepang sangat menghargai Pendidikan, mereka rela mengeluarkan dana yang sangat besar hanya untuk pendidikan bukan untuk kampanye atau hal lain tentang kedudukan seperti yang–maaf– Indonesia lakukan. Tak ubahnya negara lain, seperti Malaysia dan Singapura yang menjadi negara tetangga kita.

3.Peningkatan Mutu Pendidikan
     Peningkatan kualitas pendidikan sangat menekankan pentingnya peranan sekolah sebagai pelaku dasar utama yang otonom, dan peranan orang tua dan masyarakat dalam mengembangkan pendidikan. Sekolah perlu diberikan kepercayaan untuk mengatur dan mengurus dirinya sendiri sesuai dengan kondisi lingkungan dan dan kebutuhan pelanggan. Sekolah sebagai institusi otonom diberikan peluang untuk mengelolah dalam proses koordinasi untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Konsep pemikiran tersebut telah mendorong munculnya pendekatan baru, yakni pengelolaan peningkatan mutu yang berbasis sekolah. Pendekatan inilah yang dikenal dengan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (school based quality management/school based quality improvement).Konsep peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah muncul dalam kerangka pendekatan manajemen berbasis sekolah. Pada hakekatnya MBS akan membawa kemajuan dalam dua area yang saling tergantung, yaitu, pertama, kemajuan program pendidikan dan pelayanan kepada siswa-orang tua, siswa dan masyarakat. Kedua, kualitas lingkungan kerja untuk semua anggota organisasi.

Harga iphone

Posted by kumpulan referensi skripsi 0 komentar
Harga iPhone 
iPhone memiliki dua jenis warna, yaitu, putih dan hitam dengan berbagai macam harga sesuai dengan kapasitasnya masing-masing,  harga untuk versi 16 GB diperkirakan seharga Rp.1.999.000 dan untuk versi 32 GB seharga Rp.2.999.000.saat ini aple telah mengumumkan peluncuran  ipad2 yang merupakan generasi penerus dari ipad yang menjadi salah satu penguasa di tablet pc di dunia dengan menguasai kurang lebih 85% pasar tablet di indonesia.

Penerus iPad 2 ini diresmikan pada tanggal 7 Maret 2012 oleh CEO Apple Tim Cook di Yerba Buena Pusat Seni [59]. [60] Olahraga iPad baru inti dual A5X prosesor dengan quad-core grafis, dan Retina Display dengan resolusi 2048 kali 1536 pixel [61] (lebih dari 50 persen lebih banyak piksel daripada yang 1920 × 1080 standar definisi tinggi layar TV). Seperti iPads sebelumnya, ada dua model, dalam hal ini model Wi-Fi hanya dan Wi-Fi + 4G LTE Model.

IPad memiliki dua speaker internal mereproduksi channel audio kiri dan kanan terletak di kanan bawah unit. Dalam iPad asli, speaker mendorong suara melalui dua saluran tertutup kecil yang mengarah ke tiga port audio diukir ke dalam perangkat, [18] sementara iPad 2 memiliki speaker di belakang grill tunggal. [17] Sebuah switch volume di sebelah kanan sisi unit. A 3.5-mm TRRS konektor audio-out jack di sudut kiri atas perangkat menyediakan suara stereo untuk headphone dengan atau tanpa mikrofon dan / atau kontrol volume. IPad juga berisi mikrofon yang dapat digunakan untuk merekam suara.

Built-in Bluetooth 2.1 + EDR antarmuka memungkinkan headphone nirkabel dan keyboard yang akan digunakan dengan iPad [71] Namun, IOS saat ini tidak mendukung transfer file melalui Bluetooth.. [72] iPad juga fitur 1024 × 768 video output VGA untuk aplikasi yang terbatas, [73] screen capture, [74] menghubungkan layar eksternal atau televisi melalui adaptor aksesori.


Seperti iPhone, dengan yang berbagi lingkungan pengembangan (SDK iPhone, atau software development kit, versi 3.2 dan seterusnya), [114] iPad hanya menjalankan perangkat lunak sendiri, perangkat lunak download dari App Store Apple, dan perangkat lunak yang ditulis oleh pengembang yang memiliki dibayar untuk lisensi pengembang pada perangkat terdaftar. [115] iPad berjalan hampir semua aplikasi pihak ketiga iPhone, menampilkan mereka pada ukuran iPhone atau memperbesar mereka untuk mengisi layar iPad. [116] Pengembang juga dapat membuat atau memodifikasi aplikasi untuk mengambil keuntungan fitur iPad [117]. aplikasi pengembang menggunakan iPhone SDK untuk mengembangkan aplikasi untuk iPad. [118] iPad telah diluncurkan dengan versi iPad-hanya disesuaikan dari iPhone OS, dijuluki v3.2. Pada tanggal 1 September, diumumkan iPad akan mendapatkan IOS 4.2 pada bulan November 2010; [119] untuk memenuhi ini Apple merilis IOS 4.2.1 kepada publik pada 22 November [120].

Contoh Makalah komputer

Posted by kumpulan referensi skripsi Senin, 12 Maret 2012 0 komentar
BAB I 
PENDAHULUAN

Materi Pembelajaran

A.    Bios
Pada saat computer di nyalakan maka proses booting mulai dijalankan. Proses booting dilakukan oleh ROM (read only memory) yang melakukan pengecekan semua peripheral pada computer yang sedang menyala. Pembacaan periferal yang tidak sesuai akan mengakibatkan system berjalan dengan lambat, hal ini disebabkan BIOS (basic input output system) tidak menemukan feriferal yang sesuai sehingga prposes booting gagal dan bila dilanjutkan maka dilanjutkan dengan membaca system operasi.
Pembacaan system operasi pada computer dimulai dari disket, CDROOM, dan hardisk, bila tidak ditemukan system operasi pada lokasi disk tersebut maka computer akan berhenti pada proses booting atau meminta booting ulang  (reboot). Proses booting akan selesai bila ditemukan system operasi yang digunakan pada computer.
Untuk menjalankan perintah menu setup Bios pada computer, dapat dilakukan tombol petunjuk saat booting. Ada yang dengan menekan tombol del, R, atau kombinasi antara Ctrl + Alt + Ecs tergantung dari merek computer dan jenis chip Bios yang dipasang. Jika terjadi kesalahan peripheral dan ingin memperbaiki maka pada saat booting berjalan tekan salah satu tombol diatas dan yang banyak dipakai pada computer adalah tombol F1 dan Del. Selanjutnya akan muncul menu bios yang menampilkan data periferal yang digunakan pada computer. Berikut contoh tampilan menu BIOS , perhatikan tombol yang digunakan untuk melakukan perubahan setting peripheral.
Untuk mengoperasikan setup bios dapat dilihat bagian bawah menu BIOS dimana terdapt petunjuk tombol keyboard yang dapat dipergunakan untuk melakukan perubahan setting. Esc untuk keluar dari setup bios, tombol panah untuk memilih menu, F1 mencari bantuan fungsi tombol, F10keluar dari setup bios dan menyimpan hasil setup.

B.     Peranan system operasi
System operasi atau operating system adalah perangkat lunak (sofwer) computer yang berfungsi sebagai,
1.      Pengatur kerja computer selama computer bekerja
2.      Penghubung antara computer dan pengguna
Operating system (OS) merupakanm kumpulan instruksi dari beberapa perintah instruksi atau program untuk mengendalikan computer yang sudah dibuat oleh perusahaan computer. System operasi dimulai dari program disk operating system (DOS) dan dikembangkan menjadi program dengan orientasi graphic user interface (GUI)
System operasi windows diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985 oleh Microsoft corporation ( Amerika Serikat). Windows merupakan system operasi yang memberikan fungsi dari perintah DOS. Kelebihan windows adalah kemampuannya untuk menjalankan beberapa program sekaligus. Sebelum system operasi terpasang, computer tidak dapat digunakan untuk keperluan tersebut, dengan demikian jelas sekali bahwa kmputer tidak bias bekerja tanpa system operasi. Dikarenakan keterbatasan memory internal computer, maka diperlukan media penyimpan lain untuk system operasi dan paket program aplikasi.
Dengan semakin banyaknya pengguna windows, maka windows melakukan penyempurnaan- penyempurrnaan dari waktu kewaktu. Peyempurnaan windows dimulai dari windows versi 3x, windows 95, windows 98, windows ME (Millennium Edition), windows NT, windows 2000, windows XP, dan windows Vista serta Windows 7. Semakin baru versi windows, maka semakin lengkap fasilitas yang diberikan.
System operasi merupaka kerangka dasar sofwer yang dirancang untuk mengoperasikan computer. Saat ini system operasi dikelompokkan menjadi dua yaitu system operasi yang melengket pada hardware dan yang harus dipasang atau diinstal pada hardware. System opersi yang ada pada hardware disebut dengan resident routine yang letaknya pada ROOM (read only  memory) dan RAM (random access memory). System operasi yang berada diluar hardware disebut dengan transient routine yang terletak pada memory external contohnya adal;ah DOS dan Windows.
Pertama kali mesin computer dinyalakan , bootsrap loader atau model resident pada ROM akan melacak perangkat I/O (input/output), jika daerah I/O dalam keadaan normal maka akan membaca system operasi. Jika tidak menemukan system operasi maka computer akan melaporkan tidak menemukan system.
“ Non system disk or error replace and srike any key when ready”
Jika computer menemukan system system operasi maka akan muncul booting C:> (C:prompt) dan bila menggunakan system operasi Windows maka akan muncul desktop windows dan computer siap menerima perintah.
Saat pertama kali menyalakan computer maka system operasi akan membaca seluruh hardware yang terpasang pada sebuah computer. Proses membaca seluruh hardware sampai dengan kondisi computer siap unruk digunakan disebut booting. Dengan kata lain booting adalah proses persiapan system operasi kedalam memory computer. Proses booting dibedakan dengan dua cara,
1.      Cool boot, yaitu proses booting yang dilakukan dari keadaan  computer mati dengan cara menekan tombol power
2.      Warm boot, yaitu proses booting yang dilakukan pada computer dalam keadaan hidup. Biasanya dengan menekan tombol reset pada computer atau dengan kombinasi tombol Ctrl, Alt, dan Del pada keyboard secara bersamaan.

C.    Membedakan System Operasi dan Bios
Program yang melekat secara langsung pada hardware computer adalah Bios (basic input output system). Bios ini memiliki sifat sebagai ROM. Bios ini akan memberikan informasi mengenai semua hardware yang terpasang pada kopmputer.  Pada saat booting, system operasi akan membaca dari informasi hardware  dari bios tersebut untuk kemudian akan mengoordinasikan hardware penyusun computer tersebut.
Posisi OS (operating system) adalah berada pada DOS atau windows yang telah berhasil membaca pariferal yang menyusun computer. Seiring dengan perkembangan teknologi computer maka perkembangan sofwer berkembang pula. Program aplikasi bekerja pada saat system operasi berjalan. Program aplikasi ini melekat pada system operasi, sehingga program aplikasi tidak akan bekerja tanpa system operasi.
Untuk melihat versi windows yang digunakan pada computer kita, dapat dicek pada saat computer dalam keadaan hidup. Berikut adalah perintah – perintah untuk mengetahui system operasi computer,
1.      Pada tombol taskbar windows pilih start.
2.      Pilih program.
3.      Pilih Accessories.
4.      Pilih system Tool,
5.      Pilih system Information
Setelah mengikuti langkah – langkah diatas, maka system operasi windows akan menampilkan kotak dialog yang isinya mengenai,
1.      Informasi hardware resource
2.      Informasi components
3.      Sofwer environment
4.      Internet setting
Atau dapat dilakukan dengan perintah dari menu start pada taskbar sebagai berikut :
1.      Klik star
2.      Klik setting
3.      Klik control panel
4.      Klik ganda system
Pada dialog system properties terdapat beberapa tab pilihan yaitu generasi, system resource, hardware, advanced, computer name, remote dan automatic update, masing – masing pilihan akan memberikan keterangan sesuai dengan kategori tab yang diberikan. Misalnya untuk mengetahui komponen hardware maka pilih tab hardware.

Gambar Lucu dan Unik

Posted by kumpulan referensi skripsi Minggu, 11 Maret 2012 0 komentar












Contoh RPP

Posted by kumpulan referensi skripsi Sabtu, 10 Maret 2012 0 komentar
Contoh RPP 1

Sekolah                          : ....................................
Mata Pelajaran               : Matematika
Kelas/Semester               : III/D
Standar Kompetensi       : menyimak
  1.  ( memahami   wacana lisan melalui kegiatan  mendengarkan -berita)         
Kopetensi dasar    :
  1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu       : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
  2. Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
  3. Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea

Karakter siswa yang diharapkan : 
  • Dapat dipercaya ( Trustworthines
  • Rasa hormat dan perhatian ( respect 
  • Tekun ( diligence )
  • Tanggung jawab ( responsibility )

B.    Materi Pembelajaran

Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana


C.    Metode Pembelajaran

Tanya jawab, diskusi dan penugasan
Teks wawancara tentang tokoh idola


D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  
Apersepsi : 
  1. Peserta didik Membacakan teks berita
  2. Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan
  3. Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab

Motivasi : 
  1. Menjelaskan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat

Kegitan Inti
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  1. Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  2. Mendata pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  3. melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  4. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  5. memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
RPP Berkarakter
  • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  1. Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  2. Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  3. Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
  • Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  3. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  4. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  5. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  6. membantu menyelesaikan masalah;
  7. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  8. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  9. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
  1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  2. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  4. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  5. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.    Sumber Belajar
  • Bagan identifikasi pengalaman
  • Gambar
  • VCD
  • Narasumber
  • Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
RPP Berkarakter diatas saya ambil dari contoh rpp bahasa indonesia SMP Kelas VII semester 1, selain contoh RPP Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi diatas, di bawah ini saya juga berikan contoh RPP Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berkarakter SD Kelas satu semester 1







Contoh RPP Berkarakter 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah    :     ...........................................
Mata Pelajaran    :     Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester    :  1 ( satu )/ I (Satu )    
Pertemuan ke    :    I ( Satu )
Alokasi Waktu    :     2  x 35 Menit


Standar Kompetensi:
  1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
  1. Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

A.    Tujuan Pembelajaran**: 
  • Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor
Karakter siswa yang diharapkan :
  • Disiplin ( Discipline )
  • Tekun ( diligence )
  • Tanggung jawab ( responsibility )
  • Ketelitian ( carefulness)
  • Kerja sama ( Cooperation )
  • Toleransi ( Tolerance )
  • Percaya diri ( Confidence )
  • Keberanian ( Bravery )

II.     Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Gerak dasar lokomotor
B.    Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran    :

A.    Kegiatan Awal:

Apresepsi/ Motivasi
  1. Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  2. Mengecek kehadiran siswa
  3. Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  4. Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  5. Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.    Kegiatan Inti:
  • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  1. Berjalan ke depan, belakang, samping langkah panjang dan langkah pendek
  2. Berjalan dengan ujung kaki dan tumit
  3. Berlari ke depan, ke belakang, dan ke samping
  4. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  5. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

    • Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    1. Melakukan gerakan berlari dengan langkah panjang dan pendek dengan Keberanian ( Bravery )
    2. Melakukan gerakan melompat ke depan, ke belakang dan ke samping
    3. Melakukan gerakan melompat  dengan satu kaki atau dua kaki

      • Konfirmasi
       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
      • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
      • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      C.    Kegiatan Akhir / Penenangan

          Dalam kegiatan Akhir, guru:
      • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
      • Memperbai1i tentang kesalahan-kesalahan gerakan

      V.    Alat dan Sumber Belajar:
      • Buku Penjaskes kls. 1
      • Diktat permainan bola kecil
      • Pluit