Adsense Link 728 X 15;

Contoh Skripsi Informatika

Posted by kumpulan referensi skripsi Jumat, 09 Maret 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...............................................................................................i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ii
HALAMAN PERBAIKAN……………………………………………………..iii
AYAT AL QUR’AN……………………………………………………………..iv
ABSTRAK………………………………………………………………………..v
KATA PENGANTAR…………………………………………………………..vi
DAFTAR ISI.........................................................................................................vii
BAB I PENDAHULUAN…………………..……….…….……………….……..1
1.    Latar Belakang Masalah……………………………………………………..1
2.    Rumusan Masalah…………………………………………………………….2
3.    Batasan Masalah………………………………………………………………2
4.    Tujuan Penelitian……………………………………………………………..3
5.    Manfaat Penelitian……………………………………………………………3
6.    Metodologi Penelitian…………………………………………………………3
BAB II LANDASAN TEORI……………………………………………………5
1.    Tentang WEB…………………………………………………………………5
2.    Web berdasarkan target pasar…………………………………….…………7
3.    Web berdasarkan popularitas……………………………………….……….8
4.    Web Server…………………………………………………………………….8
5.    Aplikasi pendukung CMS……………………………………………………9
6.    Joomla 1.7…………………………………………………………………….12
7.    Tentang Joomla……………………………………………………………...12
8.    Struktur file direktori……………………………………………………….13
9.    Struktur file…………………………………………………………………..13
10.  Struktur direktori…………………………………………………………..14
11.  Istilah-istilah penting pada joomla………………………………….…….16
BAB III PEMBAHASAN………………………………………………………17
1.    Web sebelumnya……………………………………………………….…….17
2.    Instalasi Wamp………………………………………………………………17
3.    Instalasi Joomla 1.7…………………………………………………….……22
4.    Langkah-langkah mendowload Joomla…………………………………..23
5.    Langkah-langkah menginstal Joomla……………………………….…….25
6.    Mengelola WEB……………………………………………………………...33
7.    Perbedaan web sebelumnya dengan hasil pengembangan………….……47
8.    Web sebelumnya………………………………………………………….….47
9.    Pengembangan web………………………………………………………….48
BAB IV INSTALASI WEB…………………………………………………….50
1.    Membackup data…………………………………………………………….50
2.    Membackup database……………………………………………………….52
BAB V PENUTUP………………………………………………………………56
1.    Kesimpulan…………………………………………………………………..56
2.    Saran………………………………………………………………………….56
Daftar Pustaka…………………………………………………………………..57


ABSTRAKSI
Penelitian ini membahas tentang pengembangan system informasi (web) di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia Makassar, demi mengoptimalkan salah satu media informasi, yang selanjutnya dapat dinikmati masyarakat secara luas. Sumber penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu melalui objek yang diteliti, jenis data, dan metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan program web server dan CMS Joomla 1.7 sebagai media editing dalam mengelola web. Kesimpulannya bahwa media informasi sangat penting bagi institusi pendidikan dalam memperluas jaringan dan yang menjadi saran agar pengembangan tetap dilanjutkan demi kemajuan yang lebih baik.


BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang Masalah
Teknologi komunikasi dewasa ini telah menjadi konsumsi sehari-hari,hal itu bisa dilihat dimana masyarakat secara umum, hampir setiap saat membutuhkan informasi terbaru (Up to date), sebab fasilitas yang disediakan oleh teknologi tersebut memang sangat membantu masyarakat dalam hal informasi, bahkan disegala lini kehidupan. Dari segi ekonomi, teknologi komunikasi telah menjadi salah satu peluang alternatif untuk mendapatkan atau menciptakan lapangan kerja. Banyaknya warung telekomunikasi yang menyediakan layanan browsing bisa kita ketemukan diberbagai tempat. Dalam aspek sosio kultural, kemajuan teknologi tersebut memberikan ruang komunikasi tanpa dipengaruhi oleh jarak dan waktu, maksudnya silaturahmi atau percakapan penting seperti rapat-rapat tertentu, dapat langsung dilakukan meskipun berjauhan jarak antar individu, tentu kita ketahui saat ini yang sedang populer komunikasi yang menampilkan gambar visual langsung dengan fasilitas 3G.
 Disisi lain, kebutuhan akan informasi yang akurat dan efisien, dalam artian akurat yang dimaksud adalah kesalahan-kesalahan yang diakibatkan kelalaian manusia (Human Eror) dapat diminimalisir hingga 1% atau bahkan 0%, sementara efesien adalah kemudahan dalam pengelolaan yang tidak berbelit-belit dan cepat terselesaikan serta dapat dilihat dalam bentuk laporan harian, mingguan, bulanan, dll sesuai kebutuhan. Sehingga, selanjutnya tujuan yang direncanakan bisa dengan mudah tercapai. Tentunya hal tersebut harus didukung oleh berbagai hal, misalnya fasilitas program-program tertentu yang memang dirancang untuk mengolah data-data tentang transaksi barang dalam pemasaran.
Dari segi pendidikan, pengetahuan tentang teknologi informasi kini telah menjadi bahan ilmu yang wajib diketahui oleh tiap pelajar, dimana hampir disetiap kurikulum pendidikan dan pembelajaran, memasukkan pelajaran tersebut sebagai pengetahuan dasar.
Dengan demikian, secara singkat dengan adanya berbagai fasilitas tersebut, mestinya hal tersebut menjadi inspirasi dasar untuk meminimalisir berbagai masalah-masalah kecil, Contoh sederhana dalam tiap menjelang tahun ajaran baru yang tidak sedikit membutuhkan banyak waktu, sebab proses pengenalan kampus atau institusi pendidikan yang dilakukan secara manual, misalnya face to face ataukah melalui selebaran-selebaran yang dibagikan kepada para calon pendaftar diinsttitusi tersebut, selain itu, untuk mendapatkan informasi terbaru, terkadang civitas akademika harus langsung menghadap kejurusan terkait. Oleh karena itu, melihat kondisi tersebut yang bisa dikatakan selama ini berlangsung, maka dengan sedikit kemampuan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi yang kami dapat dari bangku perkuliahan, yang selanjutnya diharapkan menjawab permasalahan tersebut, akhirnya kami berusaha mengangkat sebuah judul “Pengembangan Sistem Informasi Di Fakultas Ilmu Komputer UMI Makassar”
I.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Bentuk Rancang Bangun Pengembangan WEB Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia Makassar.
I.3. Batasan Masalah
Rancangan sistem ini dibatasi dalam beberapa hal sebagai berikut :
a.    Penelitian ini hanya mengolah data civitas akademika di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia Makassar.
b.    Penelitian ini hanya sebagai pengembangan dari WEB FIK UMI Makassar yang telah ada sebelumnya.
c.    System yang dikembangkan menggunakan program dasar PHP, Apache, dan MySQL, serta joomla versi 1.7 sebagai CMS (Content Management System).



I.4. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah pengembangan sistem WEB, yang dapat dijadikan sarana informasi seputar civitas akademika Fakultas Ilmu Komputer UMI Makassar.
I.5. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.    Bagi pihak umum yaitu : Sebagai salah satu sumbangsi ilmu pengetahuan yang dapat digunakan kearah yang lebih baik oleh pihak manapun tentang informasi seputar civitas akademika Fakultas Ilmu Komputer UMI Makassar.
b.    Bagi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yaitu :
·      Menambah koleksi pustaka bagi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar terutama pustaka tugas akhir,
·      Sebagai sarana informasi tentang FIK UMI Makassar.
c.    Bagi penulis yaitu :
·      Sebagai implemetasi ilmu yang didapat selama dalam bangku perkuliahan diKampus UMI Makassar Fakultas Ilmu Komputer, tepatnya pada Program Studi Teknik Informatika.
·      Sebagai rampungan ilmu pengetahuan tentang beberapa program dasar dalam pemrograman.
I.6. Metodologi Penelitian
Obyek Penelitian
Obyek penelitian ini adalah data-data umum civitas akademika diFakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia Makassar.
Jenis Data
Adapun jenis data yang dibutuhkan dalam penggunaan sistem informasi ini adalah data pegawai, dosen pengajar, mahasiswa, dan beberapa informasi kegiatan diFakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia Makassar.
Metode pengumpulan data
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yang dilakukan dengan cara membaca buku yang berhubungan dengan judul penelitian dan referensi dari internet yang membahas tentang program sistem informasi. Melakukan wawancara kepada beberapa pihak yang terkait yang berhubungan dengan judul penelitian.



Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar